Ria Saptarika : “Mari Terapkan Pengamalan Pancasila dimasa Pandemi Covid-19”

Ria Saptarika : “Mari Terapkan Pengamalan Pancasila dimasa Pandemi Covid-19”
Anggota DPD RI Ria Saptarika Sosialisasi Pengamalan Pancasila di Masa Pandemi

Anggota DPD RI Dapil Kepulauan Riau, Ria Saptarika menegaskan “Bahwasanya sikap kepatuhan kita dalam mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 adalah merupakan wujud nyata pengamalan Pancasila”

Hal tersebut di sampaikannya ketika melakukan Sosialisasi MPR 4 Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, di hadapan Pengurus RT/RW dari beberapa kelurahan di Kecamatan Sekupang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (05/02/2021).

Dalam uraiannya, disampaikan selain dengan mematuhi protokol kesehatan, pengamalan nilai-nilai pancasila dimasa pandemi Covid-19 dapat dengan perwujudan sila-sila Pancasila di antaranya sebagai berikut:

“Pertama, pengamalan sila pertama dalam Pancasila adalah dengan memperkuat aspek-aspek spritual berdasarkan agama dan keyakinan yang dianut oleh masing-masing kita, dengan kepercayaan yang kuat kepada Yang Maha Kuasa dan penerimaan atas takdir Tuhan, dengan kita lebih mendekatkan diri kepada-Nya adalah merupakan obat dari ujian melawan Covid-19” urainya.

“Selanjutnya, sebagai wujud pengamalan sila kedua Pancasila, dalam menyikapi pasien Covid-19 yang sembuh dan meninggal adalah dengan memperkuat solidaritas sesama kita”. “Hal itu dapat ditunjukkan dengan memberikan perhatian kepada keluarga maupun pasien itu sendiri, dengan saling membantu dan meringankan beban yang di tanggung, bahkan bisa juga dengan menggalang donasi yang diberikan kepada orang-orang yang secara langsung terkena imbas Wabah covid 19 ini”. “tambah Ria Saptarika.

Melalui sosialisasi MPR ini, saya berharap nilai-nilai yang terkandung dalam 4 Konsensus Dasar Berbangsa dan bernegara terutama nilai-nilai Pancasila dapat di amalkan dalam kehidupan sehari hari, khususnya dimasa pandemi Covid-19”, ungkap Ria Saptarika.

Di akhir pemaparannya, Ria Saptarika kembali menegaskan perlunya memahami dan mengamalkan 4 Konsensus Dasar Berbangsa & Bernegara terutama di masa pandemi Covid-19.

“Kita perlu memahami dan mengamalkan 4 konsensus dasar berbangsa dan bernegara ini untuk lebih mempererat persatuan dan kesatuan mengatasi berbagai masalah terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 ini. Mari kita dukung upaya pencegahan penularan covid-19, termasuk mengatasi segala dampak yang di timbulkan” pungkasnya.

Mengakhiri rangkaian kegitan sosialisasi MPR tersebut, panitia mengadakan kuis berhadiah berkenaan dengan materi yang di sampaikan. Nampak para peserta sangat antusias menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan.

Meski dengan cara yang santai dan ringan namun nuansa pemberian pemahaman empat Konsensus Dasar Berbangsa & Bernegara tetap penuh semangat, dan tak lupa menerapkan protokol kesehatan. Tak lupa juga panitia melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada peserta yang hadir, mencuci tangan dengan hand sanitizer yang telah di sediakan, dan mewajibkan menggunakan masker serta pengaturan physical distancing.

DPD RI Ria Saptarika Kepulauan Riau
M. Izzudin Alhafizh

M. Izzudin Alhafizh

Previous Article

Sandiaga Motivasi Pelaku Pariwisata

Next Article

Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri Jalani...

Related Posts

Peringkat

Profle

INDONESIA SATU verified

Ratna Palupi

Ratna Palupi

Postingan Bulan ini: 145

Postingan Tahun ini: 653

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide

Herman Djide verified

Postingan Bulan ini: 135

Postingan Tahun ini: 914

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi

Postingan Bulan ini: 125

Postingan Tahun ini: 561

Registered: Feb 19, 2021

Achmad Sarjono

Achmad Sarjono verified

Postingan Bulan ini: 86

Postingan Tahun ini: 387

Registered: Sep 25, 2020

Profle

Husni_Ariga90

Pergi Malam Masih Sehat, Pulang Pagi Janda Muda Di Aceh Tenggara Sudah Jadi Mayat
Tutup Jalanan Umum, Satpol PP Toraja Utara Bongkar Paksa Bangunan Milik Fatmawati
Warga Amaliah Geger, Temukan Mayat Yang Sudah  Membusuk
Bawa Kabur Anak Di Bawah Umur 22 Hari ES Warga Wangon Diamankan Unit PPA Polresta Banyumas
banner

Follow Us

Recommended Posts

Sambut Ramadhan, DLH Batam Gelar Tausyah dan Santuni Anak Yatim
Rudi Salat Tarawih Berjemaah di Masjid Agung Batam
Buka Rembuk Stunting Tingkat Batam, Rudi Ingatkan Kolektivitas Kunci Keberhasilan Pencegahan Stunting
Sempena Ramadhan 1442 H, Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah Gelar Pesantren Ramadhan
Warga Sambut Antusias Sembako Murah Pemko Batam